Cara Install MySQL 8.0 di Cloud VPS Server AlmaLinux 8

Focusnic - Cara Install MySQL 8.0 di Cloud VPS Server AlmaLinux 8

Pengenalan

Dalam era digital saat ini, manajemen data menjadi hal yang krusial bagi banyak bisnis dan organisasi. Sebagai salah satu sistem manajemen basis data yang paling populer, MySQL menawarkan fitur-fitur andal dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk mengelola data secara efektif.

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang bersifat open source dan populer di seluruh dunia. MySQL digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar dengan cara yang terstruktur dan efisien.

Persyaratan

  1. Akses ke server yang menggunakan AlmaLinux 8.
  2. Hak akses root atau pengguna dengan izin sudo untuk menjalankan perintah.
  3. Koneksi internet yang stabil untuk mengunduh paket yang diperlukan.

Instalasi MySQL 8.0

Ketika menginstall MySQL 8.0, Anda memiliki dua pilihan metode – melalui AppStream bawaan server atau menggunakan repository resmi dari MySQL. Namun, keputusan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih untuk menggunakan repository AppStream, perlu dipertimbangkan bahwa terkadang terdapat keterlambatan dalam memperbarui versi. Sebagai contoh, situs web resmi MySQL mungkin sudah merilis versi 8.0.37, namun di repository AppStream masih pada versi 8.0.36.

Akan tetapi, jika aplikasi Anda tidak memerlukan fitur-fitur signifikan dari perbedaan versi tersebut, maka penggunaan repository AppStream mungkin bukan masalah besar.

Dalam tutorial ini Anda akan mempelajarai cara install MySQL melalui dua cara yaitu AppStream dan repository resmi dari MySQL agar mendapatkan update terbaru. Pada artikel ini kami menggunakan resource Cloud VPS SSD Storage dengan spesifikasi Compute SSD – 1.

Install MySQL Melalui AppStream

Update server untuk memperbarui paket yang diperlukan agar tetap optimal

Cek module MySQL pada AppStream menggunakan perintah berikut

Contoh outputnya

Terlihat pada output diatas bahwa MySQL 8 pada repository AppStream belum diaktifkan, silahkan aktifkan menggunakan perintah berikut

Apabila repository sudah aktif maka hasilnya seperti berikut ini

Apabila repository sudah aktif, jalankan perintah berikut untuk menginstall MySQL 8

Berikut adalah output dari paket yang akan diinstall pada server

Aktifkan service MySQL agar dapat berjalan otomatis saat server direboot

Pastikan outputnya seperti berikut

Cek versi MySQL saat ini

Berikut contoh outputnya

Konfigurasi Keamanan MySQL

Langkah berikutnya adalah mengamankan MySQL karena saat ini Anda bisa login menggunakan blank password dengan mengetik perintah mysql sudah bisa login tanpa autentikasi. Oleh karena itu kita akan melakukan konfigurasi keamanan dasar pada MySQL

Berikut adalah contoh outputnya

Jalankan perintah berikut untuk login ke MySQL

Saat ini Anda sudah berhasil melakukan instalasi melalui repository AppStream dan melakukan konfigurasi keamanan dasar pada MySQL 8. Anda dapat melakukan administrasi seperti membuat database, tabel, dan lain sebagainya.

Install MySQL Melalui Repository

Update server untuk memperbarui paket yang diperlukan agar tetap optimal

Buat file untuk repository

Kemudian isikan dengan script berikut

Matikan module MySQL dari server agar dapat menginstall versi MySQL 8

Selanjutnya jalankan perintah berikut untuk menginstall MySQL8. Perintah tersebut akan menginstal paket untuk server MySQL (mysql-community-server) dan juga paket untuk komponen yang diperlukan untuk menjalankan server, termasuk paket untuk klien (mysql-community-client).

Berikut adalah output dari paket yang akan diinstall pada server

Aktifkan service MySQL agar dapat berjalan otomatis saat server direboot

Cek status MySQL menggunakan perintah berikut

Pastikan outputnya seperti berikut

Cek versi MySQL saat ini

Berikut contoh outputnya

Secara otomatis MySQL akan membuat password secara acak untuk keamanan, silahkan jalankan perintah ini untuk melanjutkan ke tahap berikutnya

Contoh outputnya seperti berikut

Konfigurasi Keamanan MySQL

Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi keamanan dasar. Jalankan perintah berikut untuk memulai proses setup keamanan pada MySQL. Masukkan password yang sudah diambil dari log, contohnya password kami untuk root sebelumnya adalah Wwq1)WpsgjGa

Berikut contoh output ketika menjalankan perintah diatas

Jalankan perintah berikut untuk login ke MySQL

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan instalasi MySQL 8.0 pada server AlmaLinux 8 yang telah kita bahas, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan MySQL ke dalam infrastruktur IT Anda. MySQL 8.0 menawarkan peningkatan kinerja, keamanan, dan fitur-fitur baru yang akan membantu Anda mengelola data Anda dengan lebih efisien. Jika Anda mengalami kendala, jangan ragu untuk mencari bantuan dari sumber-sumber yang terpercaya dan membaca dokumentasi resmi MySQL. Selamat mencoba!

Table of Contents